Minggu, 02 Agustus 2009

Saturnus Menyimpan Air Laut…


SANANTONIO – Seperti halnya bumi yang memiliki satelit alami bernama Bulan, Saturnus pun demikian. Yang menarik, para ilmuan menemukan bahwa satelit alamiah Saturnus bernama Enceladus memiliki kandungan air laut yang terjaga oleh ammonia.

Tim peneliti yang diketuai William Lewis dari Southwest Research Intitute di San Antinio, Texas mengatakan, bahwa zat ammonia dapat menjaga lautan yang berada dibawah tanah sehingga tidak membeku pada suhu ekstrim.

TG Daily, jum’at (24/7) melansir, pesawat ulang alik Cassini menemukan semburab gas yang keluar dari retakan permukaan Esceladus pada saat mini penjelajahan Saturnus pada 2005 silam.

Kini, tim Lewis menemukan bahwa semburan gas tersebut mengandung ammonia dan kumpulan gas lainnya yang berfungsi sebagai zat antibeku. Kumpulan gas itu rupanya yang menjaga cairan es dibawah kerak es. Gas tersebut memancar keluar dari gravitasi satelit alamiah Saturnus dan menjadi salah satu bagian cincin yang mengitari Saturnus.


“kami menyimpulkan, dari keseluruhan komposisi gas yang memancarkan itu berasal dari cairan yang tersimpan di dalam karak es,”

Lewis melanjutkan, hasil temuan ini memperkuat bukti bahwa pelanet lain pun memiliki cairan yang tersimpan didasae planet mereka, baik yang masih ataupun pernah ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar