Minggu, 02 Agustus 2009

Cara Kanker Menyebar di Otak

Penelitian yang dilakukan di Universitas Oxford dan diterbitkan didalam jurnal Plos One, telah berhasil mengidentifikasikan mekanisme mengenai bagaimana sel kanker dapat masuk ke otak. Hal ini akan berguna untuk membuat obat jenis beru dengan mekanisme mencegah sel kanker mwnywbar dan tumbuh di otak.

Metastatis adalah proses pemyebaran dan pertumbuhan sel kenker dari massa kanker utama ke organ sekitarnya. Hal ini merupakan penyebab utama mengapa kanker merupakan penyakit yang berbahaya dan menyebabkan kematian.


Metastatis ke organ otak merupakan penyebab paling umum kanker yang berkembang di otak atau susnan saraf pusat. Jumlah metastatis otak mencapai 10 kali lipat dibandingkan dengan kanker yang berasal dari otak sendiri (original). Sekali sel kanker ber-metastatis ke otak, prognosis pasien ke depan tidak terlalu bagus. Umumnya pasiean hanya dapat bertahan 9 bulan dengan terapi maksimal. Sekitar 20 persen dari seluruh penderita kanker akan ber-metastatis ke otak.

“Metastatis ke otak merupakan tahap terminal dari penyakit kanker dan sangat sedikit yang diketahui mengenai proses tersebut,” kata dr. W Shawn Carbonell, seorang peniliti post –doctoral di MRC/CRUK Gray institude for radiation On cologi and Biology Universitas Ocford.

“Namun dengan melakukan berbagai penelitian mengenai hal ini. Diharapkan kita mampu memberikan suatu terapi yang lebih baik untuk mengatasi penyebaran kanker tersebut”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar