Jumat, 17 Juli 2009

Ubi Jalar Khasiatnya Seempuk Rasanya


Seringnya, makanan yang satu ini biasanya disajikan dalam bentuk kolak untuk suguhan buka puasa. Walaupun tak tabu di disajikan dalam beragam bentuk penganan di luar bulan Ramadhan. Ubi jalar, rasanya memang empuk, khasiatnya pun seempuk rasanya. Tau ga apa aja sih khasiat daari ubi jalar ini?

Orang jarang yang menduga kalau ternyata tanaman ini juga punya khasiat obat. Diantaranya ia bermanfaat untuk mengatasi masuk angin daan kembung. Disamping itu juga mengobati penyakit disentri, kencing manis, rabun senja, mempeerbanyak air susu ibu (ASI), dll. Ubi jalar ini tergolong umbi-umbian dari tumbuhan semak bercabang. Ada tiga kjenis ubi jalar, yaitu ubi putih, merah, dan ungu. Khasiat ubi jalar didapatkan daari kandungan kimia yang ada didalamnya. Kandungannya meliputi protein, lemak, karbohidrat, kalori, serat, abu, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, vitamin B1, B2, C, dan asam nikoninat. Daari kandungan tersebut ubi jalar berkhasiat sebagai tonik dan menghentikan pendarahan. Kandungan itu didapatkan dari umbi dan daunnya.


CARA PENGGUNAAN

Untuk mengatasi penyakit tertentu, penggunaan ubu jalar bisa dilakukan dengan cara pengobatan luar dan dalam. Pengobatan luar memanfaatkan ubi dan daunnya dengan cara memarut atau menghaluskan bhan dari ubi jalar, lalu di tempel ke bagan yang sakit. Contoh penyakit yang bisa diatasi dengan pengobatan seperti ini adalah keseleo, luka terpukul, eksim, bisul, dan herpes.

Untuk pengobatan dalam, bahan-bahan umbi direbus atau dibuat makanan sesuai selera. Untuk mengatasi asuk angin dan perut kembung, yang dimafaatkan adalah ubi jalar berwarna merah ditambah jahe, kayu manis, cengkeh, kapulaga, dan gula merah. Semuanya direbus, airnya diminum.

Ubi jalar merah juga dapat digunakan unutk mengobati penyakit kuning, pembengkakan, rematik, asam urat, pegal linu, dan rabun senja. Semua penyakit ini dapat diatasi dengan minum air rebusan ubi jalar merah dicampur bahan-bahan lainnya. Khusus untuk rematik, asam urat, dan pegal linu, selain air rebusannnya yang diminum, ubinnya juga dimakan. Khusun rabun senja, bukan air rebusannya yang diminum, tapi ubi yang dimakan. Ubi jalar putih dan jenis lainnya juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit tenggorokan, kencing manis, melancarkan peredaran darah, dan menurunkan kolesterol. Caranya pun dengan meminum air rebusan ubi jalar.

Daun ubi jalar dimanfaatkan untuk mengatasi cacingan pada anak-anak dan melancarkan buang air besar. Untuk mengatasi cacingan, daun ubi dijus, lalu diminum. Sedangkan untuk melancarkan buang air besar, daun ubi jalar direbus dan airnya diminum, atau dibuat masakan sesuai selera, lalu dimakan.

Wah, telain ubi jalar mudah ditemukan, rasanya yang empuk dan harganya yang masih dalam jangkauan, ternyata khasiatnya banyak juga ya... ga ada salahnya kan kalau ubi jalar dimasukkan dalam menu makanan sehari-hari kita. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar