Jumat, 17 Juli 2009

Ketimun Dingin singkirkan jerawat


Asalnya dari pegunungan Himalaya. Tapi sekarang tak perlu jauh-jauh pergi kesana untuk mendapatkan buah dingin berkhasiat ini. di pasar deket rumah pun ada.

Mentimun, timun, atau ketimun merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang segar. Tanaman ini diduga berasal daari daaerah pegunungan Himalaya di India Utara. Banyak jenis ketimun yang bisa kita temukan seperti ketimun biasa, ketimun krai, ketimun wuku, ketimun poan dan ketimun watang. Sebagai lalapan, rujakan, campuran pecel, dibuat acar, atau minuman segar. untuk mengobati cacingan.

Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan air yangcukup banyak didalamnya sehingga berfungsi menyejukkan. Potongan buah mentimun juga digunakan untuk membantu melembabkan wajah. Tanaman mentimun merupakan tanaman semusim, setelah berbunga dan berbuah tanaman mati. Khasiat buah berair ini juga banyak. Mentimun dipercaya mampu menurunkan demam dalam watu singkat, menurunkan darah tinggi, hingga membersihkan ginjal. Untuk kecantikan, mentimun dapat membersihkan wajah dari flek hitam dan jerawat, juga mengutrangi minyak berlebih. Mentimun yang memiliki nama ilmiah cucumis sativus, mengandung 0,65% protein, 0.1% lemak dan 2,2% karbohidrat. Buah tanaman ini juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin Q, vitamin B2 dan vitamin C. Biji timun sendiri mengandung racun alkoid jenis hipoxanti, yang berfungsi

CARA PENGGUNAAN

1. Untuk menghilangkan bekas luka dan mengurangi minyak diwajah, ambillah buah mentimun secukupnya, cuci bersih, kemudian diparut. Gunakan di wajah.nmentimun juga bisa digunakan untuk menyingkirkan jerawat. Caaaranya buah mentimun dicuci lalu di iris-iris. Irisan mentimun ditempelkan dan digosok-gosok pada kilit yang berjerawat. Lakuakan setia hari.
2. Flek hitam bekas jerawat. Ambil ujung buah mentimun sepanjang kkira-kira 5 cm, lalu parut. Ambil kunyit sebesar ibu jari, kemudian ditumbuk dan diambil airnya. Air kunyit itu dicampurkan dalam mentimun yang sudah diparut itu. Kemudian sapukanlah ke wajah. Lakuakn setiap hari sampai flek hilang.
3. Sakit tenggorokan. Caranya, campurkan sedikit biji mentimun dengan sedikit garam. Kemidian tambahkan air. Gunakan campuran itu unutk berkumur.
4. Tekana darah tinggi. Caranya, 2 buah keetimun dicuci bersih lalu diparut. Hasil parutannya diperas dan disaring, lalu diminum sekaligus. Lakuakn 2-3 kali sehari.
5. Sariawan. Setiap hari makan buah ketimun sebanyak 9 buah. Lakuakan secara rutin.
6. Membersihkan ginjal. Mentimun segar dicuci lalu diparut. Hasil parutannya diperas dan disaring. Airnya diminum sedikit demi sedikit sampai lambung terbiasa menerima cairan mentimun.
7. Demam. Ambil mentimun secukupnya, dicuci bersih, lalu diparut. Hasil parutannya diletakkan diatas perut.

Khasiat mentimun yang lain adalah sebagai penyegar mulut. Setelah menyikat gigi, makanlah beberapa iris buah mentimun. Nafas nda pun akan terasa segar.

Emmm...Tertarik untuk mencoba???


Tidak ada komentar:

Posting Komentar