Jumat, 17 Juli 2009

Lidah Buaya atasi serangan jantung daan diabetes


sejumlah penyakit. Diantaranya diabetes melitus dan serangan jantung.

Lidah buaya atau alovera memang sudah dikenal sebagai salah satu tanaman obat yang berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit. Seorang peraacik obat-obatan tradisional menyebutkan bahwa lidah buaya dapat mengobati berbagai penyakit. Misalnya bisul, kulit memar, pecah-pecah, lecet, rambut rontok, wasir, dan radang tenggorokan.

Khasiat lidah buaya yang mengagumkan ini karena kaandungan nutrisinya yang cukup bagi tubuh manusia. Hasil penelitian lain terhadap lidah buaya menunjukkan bahwa karbohidrat merupakan komponen terbanyak setelah air, yanh menyumbangkan sejumlah kalori sebagai sumber tenaga.


Makanan Kesehatan

Lidah buaya ternyata mempunyai beragam jenis. Dari 200 jenis tanaman lidah buaya, yang baik digunakan untuk pengobatan adalah jenis Alovera Barbadensis miller. Lidah buaya ini mengandung 72 zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Di antara ke-72 zat yang dibutuhkan tubuh itu terdapat 18 macam asam amino, karbohidrat, lemak, air, vitamin, mineral, enzim, hormon, dan zat golongan obat. Antara lain antibiotik, antiseptik, antibakteri, antikanker, antivirus, antijamur, antiinfeksi, antiperadangan, antipembengkakan, antiparkinson, antiateros-klerosis, serta antivirus yang resisten, terhadap antibiotik.

Mengingat kandungan yang lengkap itu, lidah buaya bukan hanya berguna menjaga kesehatan, tetapi juga mengatasi berbagai penyakit. Di antaranya lidah buaya juga bisa digunakan untuk menurunkan gula darah pada diabetes yang tidak tergantung insulin. Bahkan boleh dibilang ajaib, dalam waktu sepuluh hari gula darah bisa normal. La haula wala quwwata illa billah.

Mengandung antioksidan

Menurut Dr. Freddy, beberapa unsur mineral yang terkandung dalam lidah buaya juga ada yang berfungsi sebagau pembentuk antioksidan alami. Misanya vitamin C, vitamin E, dan zinc

”Bahkan hasil penelitian yang dilakukan ilmuan asal Amerika Serikat menyebutkan bahwa dalam alovera Barbadensis miller terdapat beberapa zat yang bisa berf ungsi sebagai antioksidan.” ujarnya. Antioksidan itu berguna untuk mencegah penuaan dini, serangan jantung dan beberapa penyakir degeneratif. Lidah buaya bersufat merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit. Dalam lendir lidah buaya terkandung zat lignin yang mampu menembus dan meresap ke dalam kulit. Lendir ini akan menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit. Hasilnya, kulit tidak cepat kering dan terlihat awet muda.

Selain wasir, lidah buaya bisa mengatasi bengkak sendi pada lutt, batuk, dan luka. Lidah buaya juga membantu mengatasi sembelit atau sulit buang air besar karena lendirnya bersifat pahit dan mengandung laktasit, sehingga merupakan pencahar yang baik.

Hemmmm...sungguh luar biasa ya manfaatnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar